Monday, March 13, 2023

Tugas Pemrograman Multimedia

Tentang Multimedia

Kata multimedia menurut Ashar (Ashar, 2012), berasal dari 2 kata yaitu multi berarti banyak, sedangkan kata media atau bentuk jamaknya dari medium berasal dari bahasa latin yang berarti tengah tengah, perantara, atau pengantar. Selain itu, istilah kata perantara atau pengantar ini menurut Bovee, digunakan karena fungsi media sebagai perantara atau pengantar suatu pesan dari pengirim kepada penerima pesan (Ashar, 2012). Adapun pengertian multimedia dari beberapa para ahli yaitu (Darmawan, 2012):

  1. Menurut Gayeski, D.M, multimedia ialah satu sistem hubungan komunikasi interaktif melalui komputer yang mampu mencipta, menyimpan, memindahkan, dan mencapai kembali data dan maklumat dalam bentuk teks, grafik, animasi, dan sistem audio.
  2. Menurut Phelps, multimedia adalah kombinasi teks, video, suara dan animasi dalam sesebuah perisian komputer yang interaktif.
  3. Menurut Collin, Simon Multimedia merupakan sebuah persembahan, permainan atau aplikasi yang menggabungkan beberapa media yang berlainan.

Berdasarkan dari penyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian dari multimedia merupakan teknik baru dalam bidang komputer yang menggabungkan lebih dari satu media dalam suatu bentuk komunikasi yang meliputi teks, suara, grafik, animasi, dan video ke dalam sistem komputer (Marjuni & Harun, 2018).

Sejarah Multimedia

Sejarah awal dari multimedia pertama kali yaitu sebagai berikut:

  1. Berawal dari kegiatan teater yang menggunakan lebih dark satu medium dan tanpa menggunakan perangkat komputer.
  2. Abad ke-15 an, Seorang tokoh Gutenberg dan Caxton memperkenalkan media cetak.
  3. 1862, Seorang Mathew Brady mengenalkan pameran fotografi ke publik.
  4. 1969 an, Mulai lahir internet yang merupakan jaringan komputer dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek ARPA dengan mengembangkan jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).
  5. 1971, Munculnya email oleh seorang insinyur Ray Tomlinson dalam proyek SNDMSG.
  6. 1976, tepatnya 1 April 1976, lahirlah teknologi Apple (perusahaan personal computer (PC) atau komputer pribadi yang mempopulerkan antarmuka pengguna grafis) yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.
  7. 1983-1986, Knight Ridder mengenalkan sebuah digitalisasi dengan kemunculan Viewtron (proyek yang memberikan akses berita ke publik, sebelum disalurkan ke media cetak).
  8. 1987, Mulai muncul sistem multimedia dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple. Kemudian tahun 1989 ditandai juga dengan pengumuman IBM, adanya perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan Video Adapter Card PS/2.
  9. 1988, Berkembangnya World Wide Web (WWW) dengan memunculkan banyak pionir situs berita dari berbagai media online. Seperti: CNN, The Chicago Tribune, News & Observer.
  10. 1994, Koran Inggris (The Daily Telegraph) mengikuti tren teknologi dengan meluncurkan Electronic Telegraph (Koran berbasis daring pertama di Eropa). Semuanya masih berlanjut dengan pengembangan media-media berita.
  11. 1994, Diperkenalkannya Netscape oleh Jim Clark dan Marc Andreesen
  12. 1995, Muncul pengembangan aplikasi platform mandiri yaitu JAVA.
  13. 1995, Indonesia mengembangkan koran daring bernama Republika dan Kompas. Saat itu sudah banyak pengguna internet di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran Tempo Interaktif (konten berupa wawancara narasumber dan profil tokoh) pada tahun 1996.
  14. 1996, Kemunculan Microsoft dan Internet Explorer.

Alasan harus mempelajari multimedia

Multimedia merupakan cara yang dilakukan untuk melakukan komunikasi dan memberikan sebuah informasi kepada orang lain dengan mudah melalui perantara baik dengan berbagai banyak cara yaitu melalui tulisan, gambar, video, animasi, dll. Dengan mempelajari multimedia, dapat dengan mudah menyampaikan suatu komunikasi atau informasi dengan cara membuat inovasi yang bermanfaat untuk orang lain.

Sumber:

Ashar, Rayandra, (2012), Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Jakarta: Referensi Jakarta.)

Darmawan, Deni (2012), Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marjuni, A. and Harun, H., 2019. Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan3(2), pp.194-204.




No comments:

Post a Comment

Tugas Pemrograman Multimedia

Tentang Multimedia Kata multimedia menurut Ashar (Ashar, 2012), berasal dari 2 kata yaitu multi berarti banyak, sedangkan kata media atau be...